Mengenal Istilah Lolicon Dalam Serial Anime

Mengenal Istilah Lolicon Dalam Serial Anime

Menonton anime selalu memberikan kesenangan tersendiri terutama bagi para penggemar manga Jepang. Karena dari anime, visualisasi, alur cerita hingga penokohan dikembangkan dengan lebih modern dan hidup. Contohnya One Piece atau Naruto. Keduanya adalah manga aksi sekaligus petualangan yang memiliki banyak warna dan ciri khas unik.


Tapi tahukah Anda, selain One Piece atau Naruto masih banyak genre anime yang tidak kalah favorit di Jepang bahkan Indonesia? salah satunya adalah serial anime loli  dengan gambaran tokoh wanita yang imut dan menggemaskan.

Definisi Lolicon Dalam Anime

Istilah dalam anime Jepang sangat banyak.  Mereka yang sejak awal menyukai manga atau anime umumnya mengenal variasi istilah tersebut termasuk loli atau lolicon. Lolicon adalah istilah khusus yang merujuk pada sifat obesif penonton pada sebuah karakter.

Seringkali juga dikenal sebagai Lolita complex. Lantas, apa objeknya? Objeknya merujuk pada karakter wanita imut dan kekanak-kanakan pada serial anime. Menariknya, kecintaan pada anime loli tidak bisa disebut negative.

Mengapa? Dalam sejumlah serial anime, banyak karakter wanita dewasa dengan ciri khas fisik mungil sepeti kanak-kanak. Tandanya, anime loli juga tidak secara langsung merujuk pada anime paedofil. Sehingga masih aman untuk ditonton maupun dinikmati oleh para penggemar anime.

Rekomendasi Serial Anime Lolicon Terpopuler

Beberapa anime yang populer terkadang menyelipkan satu atau beberapa karakter loli untuk menarik minat penonton. Apakah Anda suka dengan serial anime loli? Jika jawabannya ya, simak beberapa rekomendasi serial anime dengan karakter loli terimut berikut ini:

1. Kuma Miko

Anime yang satu ini tidak hanya menyuguhkan cerita menarik tapi juga visual imut dari tokoh utama Machi. Dikisahkan dalam anime, jika Machi merupakan siswa SMP yang tinggal dan hidup bersama dengan seekor beruang di sebuah kuil Shinto.

Jika Anda sebelumnya suka sekali dengan kartun Rusia Masha and The Bear, otomatis Anda akan sangat menyukai Kuma Miko sebagai tontonan sehari-hari atau di akhir pekan.

2. No Game No Life

Rambut panjang dengan warna unik dan mata sayu menjadi ciri khas utama Shiro salah satu karakter loli No Game No Life. Meski memiliki penampilan yang imut dan menggemaskan, Shiro dianugerahi otak jenius. Karakter dan kepribadiannya ini membuat Shiro sangat disukai oleh lolicon Jepang dan Indonesia.

Tampilan lembut dan menggemaskan Shiro nyatanya tidak sesuai dengan sifatnya yang cenderung sadis dan psikopat. Dalam No Game No Life, Shiro memiliki seorang kakak yang sangat dekat dengannya.

3. Himouto Umaru Chan

Mengaku lolicon? Anda pasti pernah mendengar mengenai serial anime yang satu ini bukan? atau baru mulai membuat jadwal untuk menontonnya? Himouto Umaru Chan mengisahkan tentang Umaru, gadis yang lucu dan unik dengan kepribadian ganda.

Gaya Umaru amat sangat elegan dan anggun ketika di luar rumah. Tapi setelah menginjak rumah, karakternya berubah sangat drastis menjadi adik yang kekanak-kanakan dan manja.

4. KonoSuba

Sebelum dibuatkan serial anime dengan total episode sebanyak 10 buah plus OVA juga filmnya. KonoSuba merupakan serial novel komedi populer Jepang. Genre anime-nya sendiri lebih dominan pada cerita fantasy karena mengisahkan tentang dewi, monster dan penyihir. Karakter loli yang sangat memikat para lolicon di anime ini adalah Megumin dengan ciri khas topi penyihir dan bajunya yang unik.

5. Houkago No Pleiades 

Masih bergenre fantasi, serial anime selanjutnya yang bisa Anda jadikan referensi tontonan adalah Houkago No Pleiades. Anime ini punya banyak karakter wanita imut dan menggemaskan yang akan membuat Anda merasa terhibur dengan tingkah lakunya.  

6. Toradora

Serial anime ini sangat populer dan memiliki banyak penggemar di seluruh dunia termasuk tanah air. Di Toradora, Anda akan diajak berkenalan dengan karakter Aisaka Taiga. Taiga memiliki postur tubuh yang imut dan mungil. Sekilas mungkin terlihat lemah, faktanya Tiaga termasuk karakter yang amat sangat galak di serial anime Toradora. 

Istilah Lainnya Pada Serial Anime

Lolicon artinya dalam serial anime merujuk pada penonton yang mencintai karakter wanita mungil nan imut. Di mana karakter tersebut bisa ditemukan dalam berbagai genre anime berikut ini:

1. Shoujo Atau Shounen

Dalam sebuah anime terdapat satu karakter yang terkadang lebih dominan daripada karakter lainnya. Bukan hero maupun heroin melainkan single character seperti One Piece yang karakter utamanya adalah Luffy. Dalam anime Shoujo, Anda akan menemukan karakter utamanya seorang wanita. Kebalikan dari Shoujo, karakter utama serial anime pria disebut  Shounen.

2. Harem

Pernah dengar cinta segitiga? Menariknya Harem sendiri tidak secara langsung menjelaskan mengenai cinta segitiga karena meski karakter prianya hanya satu, namun wanita yang menyukainya bisa 3-4 wanita.

3. Ecchi

Anime di Jepang dikelompokkan berdasarkan pada skala usia. Khusus untuk anime dewasa, seringkali disebut sebagai ecchi. Anime ecchi terkadang disama artikan dengan anime hentai. Padahal keduanya memiliki perbedaan yang sangat mencolok.

4. Otaku

Banyak sekali jenis karakter yang bisa disebut otaku. Contohnya, kecintaan Anda pada manga atau anime yang juga bisa disebut sebagai otaku manga atau otaku anime. Dengan kata lain otaku menggambarkan karakteristik seseorang yang sangat menyukai bahkan terobsesi akan sesuatu.

Itulah hal menarik mengenai lolicon, contoh serial anime loli bahkan istilah lain yang sering dibahas para penggemar anime Jepang. Lolicon adalah karakter menarik yang menandakan Anda memiliki daya tarik khusus pada sesuatu. Sebuah ciri khas yang membedakan Anda dengan penggemar serial anime lainnya.

1 komentar

Posting Komentar